Susah Jadi Orang Jujur ?

Posted On 7/06/2009 08:49:00 AM by achankoe |

Sekitar dua tahun yang lalu (tahun 2007) di tempatku kerja di buat koperasi, .. ya koperasi-koperasian lah karena tidak teregistrasi di Dinas Koperasi setempat. Tujuannya semula dalam rangka memfasilitasi para pegawai yang memerlukan pinjama uang.

Seiring waktu berjalan mulailah si koperasi mengembangkan sayap membuka counter minuman ringan, kerjasama dengan perusahaan minuman semisal teh sosro, fresh tea, dll. Teknis pembayarannya, kalau yang mau minum ya ambil minuman terus letakkan uang di toples yang telah disediakan. .... ingat ya... ini koperasi lebih dulu dimulai dibandingkan dengan koperasi jujurnya punya KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi.
Nah setelah jalan beberapan bulan bahkan beberapa tahun, terbukti memang orang Indonesia itu sulit untuk menjadi orang jujur, bisa dipercaya, ... nggak tahu yah, .. apakah memang attitude-nya memang sudah membatu jadi susah untuk berubah atau memang tidak mau untuk berubah menjadi orang yang jujur dan bisa dipercaya ... amanah gitu lah ..

Tiap bulan itu koperasi selalu ada kerugian, ... antara barang yang terjual dengan uang pembayarannya selalu berbeda jauh seperti langit dengan bumi. Terakhir malah aku dapat informasi dari bendahara koperasi, rincian kerugiaannya kurang lebih sebagai berikut:
Ini yang bulan terakhir, bulan Juni 2009:

Nama barang yang di jual Teh Sosro Kotakan dan Freshtea botol
Barang Yang di jual 528 ktk dan 144 btl
Barang terjualyang dibayar 346 ktk dan 94 btl
Barang yang hilang/tak dibayar 182 ktk dan 50 btl


Coba saja dihitung, .. di tempat kerja kami ada sekita 60 orang pegawai ...
maka kalau dihitung secara sederhana adalah sebagai berikut:

Total barang hilang/tidak dibayar ..... : 182 + 50 = 232
Jumlah pegawai ........................ : 60 orang
Maka rata-rata tidak dibayar per orang : 232 : 60 = 3,87
Jadi rata-rata tidak dibayar per orang : 4

Ternyata memang untuk menjadi orang yang jujur bukan suatu pekerjaan yang mudah,
disamping harus ada kemauan secara pribadi, komitmen sungguh-sungguh, faktor religius sangat menentukan karena kita merasa diawasa oleh Yang Maha Melihat.

....... ini semua ternyata juga terjadi dalam organisasi yang tugasnya sebagai pionr pemberantasan korupsi yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ternyata ..... Susah Jadi Orang Jujur? ...
| edit post
0 Response to 'Susah Jadi Orang Jujur ?'